Tugas 9 MPPL C - Manajemen Sumber Daya

 


Tugas 9 : Start-Up (Korean Drama)

Erlinda Argyanti Nugraha - 05111840000017

Start-Up

Start-Up adalah seri drama Korea yang menceritakan tentang perjalanan membangun perusahaan bisnis atau yang disebut sebagai Start-Up. Pengembangan Start-Up ini dilakukan di Sandbox, yaitu tempat yang menaungi cikal bakal Start-Up sampai mereka berhasil membuat perusahaannya.

Pada drama Start-Up, karakter yang berperan adalah Seo Dal Mi, wanita muda yang bermimpi untuk membangun start-up dan menjadi sukses seperti kakaknya, Won In Jae. Dalam proses meraihnya, Dal Mi bertemu Nam Do San, teman lama Dal Mi dari 15 tahun yang lalu.

Manajemen Sumber Daya pada Start-Up

Memilih CEO yang tepat

Dalam membangun sebuah perusahaan, posisi pemimpin sangat krusial. Maka dari itu, orang yang menempati posisi ini diharuskan untuk memiliki kualifikasi yang mumpuni. Pada Start-Up, kualifikasi ini tidak selalu berbentuk pencapaian seperti gelar dan pendidikan. Pada perusahaan Samsan Tech, yang menjadi CEO adalah Seo Dal Mi, yang meskipun ia tidak memiliki gelar dan tidak mengemban pendidikan di Universitas, namun dia berhasil menunjukkan kemampuannya dengan pengetahuannya yang luas terkait bisnis, dan presentasinya tentang ide awal Samsab Tech yang memukau.

Membangun Tim yang Cocok

Sebuah perusahaan tidak hanya digerakkan oleh seorang pemimpin saja, melainkan oleh sekumpulan orang yang bekerja sama bahu-membahu. Dalam membangun tim, Seo Dal Mi sebagai CEO Samsan Tech merekrut anggota yang ia percayai dapat diajak bekerja sama, yaitu Nam Do San, Kim Yong San, Lee Chul San, dan Jung Sa Ha. Dalam satu tim juga harus dibangun rasa saling percaya dan menghargai satu sama lain.

Meminta Bimbingan dari Mentor yang Ahli

Memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Maka dalam prosesnya, dibutuhkan pembimbing yang lebih berpengalaman dan dapat memberikan insight mengenai seluk beluk dalam memulai bisnis. Mentor yang membimbing Samsan Tech dalam berkembang adalah Han Ji Pyeong, Team Leader dari SH Venture Capital. Han Ji Pyeong banyak memberi bantuan kepada Samsan Tech, dari memberikan konsultasi dalam menetukan key man, investor, dan menyiapkan pertanyaan untuk pitching dan demo day.

Meminta Bimbingan dari Mentor yang Ahli

Memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Maka dalam prosesnya, dibutuhkan pembimbing yang lebih berpengalaman dan dapat memberikan insight mengenai seluk beluk dalam memulai bisnis. Mentor yang membimbing Samsan Tech dalam berkembang adalah Han Ji Pyeong, Team Leader dari SH Venture Capital. Han Ji Pyeong banyak memberi bantuan kepada Samsan Tech, dari memberikan konsultasi dalam menetukan key man, investor, dan menyiapkan pertanyaan untuk pitching dan demo day.


Comments